Sabtu, 04 Juli 2009

Nakoda Kehidupan




ketika kita mendengar kata "kapal berlayar" yang muncul dalam memori kita adalah laut, ombak, kru kapal, dan penumpang. Kapal dan muatan dalam pelayaran tergantung nahkoda kapal dalam menahkodai kapal. Seorang nahkoda harus mengetahui mau kemana kapal akan berlayar yang biasa disebut dengan tujuan.
Ombak adalah tantangan sekaligus sebagai bunga kehidupan dalam mengarungi lautan. Penumpang dan muatan yang ada dalam kapal akan tergantung keselamatannya pada seorang nahkoda. Besar kecil gelombang dalam pelayaran tidak menjadi hambatan bila seorang nahkoda dikemudikan seorang yang sudah terampil dibidangnya dan tentunya mempunyai pengalaman dalam mengemudikan kapal. Ditengah lautan berbagai kendala adalah proses untuk menghantar penumpang dan muatan lainnya
Penumpang akan merasa bangga dan senang bila kapal yang mereka tumpangi mencapai tujuan dengan selamat. Biaya yang penumpang keluarkan untuk mencapai tujuan tidak menjadi masalah bila penumpang selamat sampai ketujuan. Tugas dan tanggung jawab yang sangat berat berada dipundak seorang nahkoda kapal.
Indonesia sebagai negara bahari adalah julukan yang sangat klasik. Nenek moyang kita adalah seorang pelaut yang ulung. Sejarah mencatat ketika Raja Majapahit berkuasa sampai kenegeri Siam dengan menggunakan kapal layar. Dengan peralatan yang sederhana mampu menahlukkan lautan yang sangat ganas hingga mencapai tujuan yaitu berlabuh ketujuan dengan selamat. Nahkoda berpengaruh besar dan berjasa. Sejarah mencatat betapa tangguhnya pelaut Indonesia.
Bahari Indonesia dengan kekayaannya belum tergarap dengan maksimal. Banyak kekayaan alam laut malah dirusak oleh tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab. Bila dibiarkan banyak kekayaan laut seperti terumbu karang dan ekosistem yang ada menjadi rusak.
Pemerintah dan instansi yang terkait mempunyai tugas yang berat dalam menjaga kelestarian dan keamana laut, tentu saja dukungan dan partisipasi aktif masyarakat.
Kehidupan ibarat kapal berlayar dari satu pelabuhan kepelabuhan yang lain dengan seorang nahkoda kapal yang mampu membawa kapal mencapai tujuan dengan selamat. Indonesia bahkan dunia tergantung pada seorang nahkoda yang mampu dan mumpuni dalam memimpin sehingga tujuan masyarakat yang adil dan makmur tercapai tercapai dengan cara yang berperikemanusiaan.,,,semoga,,,.
...............................kapal berlayar.................................tobe continue,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

Tidak ada komentar:

kapalberlayar